Monday, July 20, 2009

PERAN DAN FUNGSI PERAWAT JIWA

Keperawatan jiwa adalah proses interpersonal yang berupaya meningkatkan dan mempertahankan prilaku pasien yang berperan pada fungsi yang terintegrasi. Sistem pasien atau klien dapat berupa individu, keluarga, kelompok , organisasi atau komunitas. American Nurses Association mendefinisikan keperawatan kesehatan jiwa sebagai suatu bidang spesialisasi praktik keperawatan yang menerapkan teori prilaku manusia sebagai ilmunya dan penggunaan diri yang bermanfaat sebagai kiatnya.


Praktik kontemporer keperawatan jiwa terjadi dalam konteks sosial dan lingkungan .Peran keperawatan jiwa profesional berkembang secara kompleks dari elemen historis aslinya. Peran tersebut kini mencakup dimensi kompetensi klinis, advokasi pasien - keluarga, tanggung jawab fiskal, kolaborasi antar disiplin, akuntabilitas sosial, dan parameter legal etik.

Center for Mental health Service secara resmi mengakui keperawatan kesehatan jiwa sebagai salah satu dari lima inti disiplin kesehatan jiwa. perawat jiwa menggunakan pengetahuan dari ilmu psikososial, biofisik, teori kepribadian dan prilaku manusia untuk mendapatkan suatu kerangka berpikir teoritis yang mendasari praktik keperawatan.


Referensi : keperawatan jiwa edisi 5 by Gail w. Stuart

No comments:

Post a Comment