Saturday, July 25, 2009

RESPON KONSEP DIRI

RESPONS KONSEP DIRI

Konsep diri di definisikan sebagai semua pikiran , keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya dan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain. Konsep diri tidak terbentuk waktu lahir, tetapi di pelajari sebagai pengalaman unik seseorang dalam dirinya sendiri, dengan orang terdekat, dan dengan realitas dunia. Konsep diri terdiri atas komponen – komponen berikut ini :

1. Citra tubuh yaitu kumpulan sikap individu yang disadari dan tidak disadari terhadap tubuhnya. Termasuk persepsi serta perasaan masa lalu dan sekarang tentang ukuran , fungsi, penampilan , dan potensi. Citra tubuh di modifikasi secara berkesinambungan dengan persepsi dan pengalaman baru.

2. Ideal diri yaitu persepsi individu tentang bagaimana dia seharusnya berprilaku berdasarkan standar, aspirasi, tujuan, atau nilai personal tertentu.

3. Harga diri yaitu penilaian individu tentang nilai personal yang di peroleh dengan menganalisis seberapa sesuai prilaku dirinya dengan ideal diri.Harga diri yang tinggi adalah perasaan yang berasal dari penerimaan diri sendiri tampa syarat, walaupun melakukan kesalahan, kekalahan, dan kegagalan, tetap merasa sebagai orang yang penting dan berharga.

No comments:

Post a Comment